KMD SERU! Lahirkan Generasi Muda yang Bertanggung Jawab

0
166

Balung- Untuk membentuk karakter seorang pembina yang handal dan berkualitas dalam bidang kepramukaan maka  perlu diadakan kegiatan yang dapat meningkatkan pengetahuan kepramukaan salah satunya adalah kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD). Kegiatan ini rutin dilaksanakan pada setiap tahunnya. Seluruh santri dan santriwati kelas 5 Pondok Pesantren Baitul Arqom Jember menjadi pesertanya.

Tentu saja kegiatan ini diamanahkan kepada bagian koordinator gerakan pramuka, serta didampingi oleh staff mabikori dari ustadz/ustadzah pengabdian. Di samping itu, kita juga mendatangkan KWARCAB Jember dimana diketuai oleh Drs. Anang Purwanto M.Pd. yang akan membimbing adik-adik peserta KMD dalam kursus pembinaan kepramukaan. 

Tanggal 6 September 2023 pukul 08.00 WIB, pembukaan dilaksanakan di gedung auditorium. Perlu diketahui jadwal pelaksanaan KMD dilakukan  pada tanggal 6, 7, dan 8 kemudian dilanjutkan pada tanggal 20, 21, dan 22. Selama itu mereka mengikuti kursus kegiatan dengan baik, entah itu di dalam ruangan maupun di lapangan.

Alih-alih dengan begitu sudah menjadi bukti bahwa pendidikan bukan hanya di dapatkan di dalam ruangan kelas atau berbentuk materi saja melainkan juga dengan permainan-permainan sebagai suatu hiburan yang bermakna dan bermanfaat bagi mereka.

Baca Juga :  Lomba Tahfidzul Qur'an: Mengasah Memori dan Pemahaman Al-Quran Santri

Materi yang dipelajari adalah materi yang mencakup semua tentang ilmu kepramukaan, dengan tujuan untuk membentuk karakter yang bertanggung jawab atas diri sendiri dan untuk masyarakat dan dapat menepati janji seorang pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma.

Perlu diketahui bahwa Pondok Pesantren Baitul Arqom Jember adalah satu-satunya pesantren modern di daerah tapal kuda yang menyelenggarakan agenda resmi Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka bagi santrinya, bekerjasama dengan KWARCAB Jember. Agenda ini selalu dilaksanakan setiap tahun. Agenda ini menjadi bukti bahwa Baitul Arqom selalu istiqomah dan totalitas mendidik para santri menjadi santri yang disiplin, tangguh, bermartabat, berilmu, dan cekatan. (Ail/Qr) 

PENDAFTARAN SANTRI BARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here