Ujian untuk Belajar Bukan Belajar untuk Ujian! 

0
141
Pesantren Jember
Pesantren Jember

Balung- Pada hari Sabtu mendatang Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung akan mengadakan ujian kenaikan kelas, yaitu ujian syafahi sekaligus dilanjutkan dengan ujian tahriri bagi seluruh santri/santriwati kelas 1 hingga kelas 5 (12/11). Sebelumnya diperlukan persiapan yang matang sebelum hari H tiba, mulai dari perlengkapan, kesiapan pengawas, penguji dan tentunya kemantapan peserta ujian dalam mempersiapkan jawabannya. 

Dalam hal ini Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung, al-Ustadz KH. Izzat Fahd, M.Pd.I berpesan dalam pidatonya, “Jangan bermain-main ketika ujian berlangsung.  Pondok kita ini memang menggunakan sistem muadalah yang mana tidak mendatangkan pengawas dari luar, melainkan dari orang dalam saja. Tapi jangan karena tidak ada pengawas dari luar lantas kita ini jadi main-main. Justru kita semua memiliki tanggung jawab yang besar langsung kepada Allah swt, agar ujian ini dapat terlaksana tanpa adanya kendala. Dan itu berat.”

Rapat ujian syafahi tersebut berlangsung di gedung auditorium dengan dihadiri oleh jajaran pimpinan pondok, asatidz, ustadzat dan kakak kelas 6 yang nantinya akan menjadi pengawas dan penguji. Asatidz dan ustadzah berharap, agar anak didik mampu mempelajari pelajaran yang telah didapat selama di kelas dengan baik. Sehingga ketika ujian berlangsung, mereka mampu melewatinya dengan mudah. 

Sebagaimana pesan Bapak Pimpinan terdahulu, (alm) KH. Masykur Abdul Mu’id, LML bahwa sejatinya ujian itu untuk belajar, bukan belajar untuk ujian. Filosofi ini mengajarkan kita bahwa dimanapun dan sampai kapanpun kita hidup, tidak akan pernah terlepas dari ujian hidup dan semua itu adalah untuk membuat kita belajar menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Jadi jangan sampai kita lengah hanya belajar ketika akan menghadapi ujian sekolah saja.

Dengan diadakannya rapat koordinasi ujian syafahi ini, Bapak Pimpinan Pondok KH. Izzat Fahd, M.Pd.I berkeinginan agar para santri serta seluruh keluarga pondok dapat membantu melancarkan keberlangsungan ujian, serta menjadikan ujian tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Semoga Allah senantiasa memberi kemudahan di segala urusan dan ilmu yang barokah bagi para mujahidin. Amiin.(Dgd/Qr)

Informasi Pendaftaran Santri Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember
Informasi Pendaftaran Santri Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini