Rumus Jadi Lebih Produktif: “Start From The End!”

0
575
Pesantren Jember
Pesantren Jember

Balung- Mengutip dari buku 7 Habits Of Highly Effective People karya Stephen R. Covey, start from the end merupakan salah satu dari 7 kebiasaan manusia yang bisa dipraktekkan agar hidup bisa lebih produktif dan efektif. Start from the end atau mulai dari akhir maksudnya ialah, sebelum kita melakukan segala sesuatu, kita harus mengetahui tujuannya.

Karena ketika kita tahu tujuan dari apa yang kita lakukan, kita dapat menyusun strategi yang efektif dan efisien agar waktu kita tidak terbuang sia-sia untuk melakukan sesuatu tersebut. Jangan sampai kita terjebak dalam kegiatan-kegiatan yang tidak memberikan manfaat dan perubahan bagi diri kita, karena tujuan kegiatan tersebut tidak jelas. 

Sama seperti saat kita berada di Pondok Pesantren Baitul Arqom Jember ini, kita harus mengetahui tujuannya. Untuk belajarkah, menuntut ilmukah, mencari temankah atau hanya sekedar menuruti perintah orang tua untuk masuk pondok

Kita diciptakan Allah pun ada tujuannya, dan tujuan tersebut adalah agar kita menyembah kepada Allah. Dalam Al-Qur’an Allah berfirman di surat Az Zariyat ayat 56 yang artinya, “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepadaku”.

Ibarat kita ingin membangun sebuah rumah, kita tidak boleh asal membangunnya. Kenapa? Karena rumah tersebut akan menjadi tidak beraturan, berantakan, tidak tertata, dan tidak ada konsepnya. Berbeda ketika kita membangun rumah yang dari sebelumnya dipikirkan/dipersiapkan tujuannya. Mulai dari strukturnya dan rencana bangunannya seperti apa, bahan-bahan apa saja, dan lain sebagainya. 

Baca Juga :  Pelepasan Kontingen Putri Menuju Perkemahan Nasional

Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk selalu mengetahui tujuan apa yang kita kerjakan, agar apa-apa yang kita lakukan selalu mempunyai nilai manfaat dan menjadi berkah. (Az/Qr)

PENDAFTARAN SANTRI BARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here