Prof. Dr. KH. Habib Chirzin: “Jadilah Manusia yang Menginspirasi!”

0
52

Balung – Pondok Pesantren Baitul Arqom menyelenggarakan kegiatan reuni akbar dan silaturahmi nasional. Pada kesempatan tersebut, prof. KH. Habib Chirzin menjadi tamu pembicara di hadapan para audiens. Beliau memberi penjelasan terkait makna hidup sebagai seorang muslim yang tangguh untuk terus menjadi manfaat bagi lingkungan sekitar.

“Semua bukan tentang menjadi apa, namun seberapa besar manfaat yang ditebarkan. Sebenarnya kita ini kan pembelajar yang tidak pernah selesai. Jadi bagaimana memanfaatkan high tech, alat terbaik untuk menjadi atau mencapai khairu ummah. Panggilan kita adalah panggilan sejarah untuk menjadi yang terbaik, be the best,” terangnya.

 

Sejatinya, seseorang yang mau belajar adalah mereka yang menangkap inspirasi, jadi bukan hanya orang yang belajar ilmu, namun dia juga menjadikan ilmu itu sebagai inspirasi, sebagai hikmah, sebagai penggerak semangat belajar, semangat meneliti, semangat berkarya, dan sebagainya.

Orang yang berilmu akan selalu menghasilkan kata-kata yang bisa menginspirasi. “Sebagaimana pesan Kyai Masykur, yaitu ikhlas dan bersungguh-sungguh, itu juga sebuah inspirasi untuk kita semua,” ungkapnya.

Orang yang bisa menginspirasi akan mampu menggerakkan manusia lain untuk melakukan berbagai kebaikan. Banyak orang sukses karena terinspirasi dari gurunya, bukan hanya dari pesan-pesan Kiai, namun juga dari apa yang beliau lakukan untuk para santri semasa di pondok. Jadi, inspirasi juga tak hanya dari ucapan, namun juga perbuatan.

Panca jiwa pondok hendaknya menjadi inspirasi bagi kita semua, karena bagaimana poin-poin itu mengajarkan kita untuk berkarakter dan berlaku yang baik. Ada jiwa keihklasan, kesederhanaan, berdikari. Semua mengajarkan bagaimana kita bisa hidup mandiri sekalipun dengan fasilitas terbatas, ukhuwah islamiah, dan jiwa kebebasan, artinya bebas namun tetap dala garis-garis yang positif dan bertanggung jawab. (admin)

Comments