Pentingnya Pengarahan Sebelum Memulai Pekerjaan Besar

0
442

Balung – Di Pondok pesantren Baitul Arqom, sebelum memulai pekerjaan besar, mengadakan suatu pengarahan sangatlah penting. Mengingat tidak ada pekerjaan hebat yang tercipta tanpa niat yang hebat, disinilah sumber wacana ini diambil.

Dalam Ujian Semester misalnya, pengarahan yang dipimpin langsung oleh Pimpinan Pondok diadakan untuk mengingatkan kembali khususnya kepada setiap individu pengawas, bahwa akan datang suatu pekerjaan yang besar. Untuk itu dibutuhkan niat yang besar pula agar pekerjaan tersebut berjalan dengan sempurna; tentunya dengan banyak pokok pembahasan, dalam hal ini salah satunya adalah kedisiplinan. Ya, hal ini sangat penting untuk menjadi bahan pembahasan dalam pengarahan ujian semester.

Apa jadinya jika para pengawas tidak mengemban amanah mereka dengan benar? Bagaimana jika pengawas membiarkan para murid bergurau dalam ruang ujian? atau

menyontek dan semacamnya? bagaimana jika pengawas terlambat? Semua pertanyaan tersebut adalah materi yang dibahas dalam Pengarahan. Tidak hanya itu, Evaluasi tahun-tahun sebelumnya pun dibahas agar setiap pengawas mengerti akan amanahnya.

Motivasi demi motivasi juga tak lupa diberikan. Tujuan dari semua ini untuk memperbarui niat mereka dari tahun ke tahun demi tercapainya ujian yang baik dan sempurna. Seperti pesan Pimpinan dalam acara tersebut, “Sesungguhnya suatu pekerjaan harus dimulai dengan niat, dan setiap orang akan mendapatkan apa yang dia niatkan”. (Admin)

Comments