Ujian Dengan Berdzikir

0
528

Balung – Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya pada hari kiamat ia datang memberi syafa’at. Oleh karena hadist diatas, Pondok Pesantren Baitul Arqom menetapkan bahwasanya ujian Al-Qur’an wajib adanya. Yaitu, yang bermateri pokokkan Al-Qur’an, hadist, praktek Sholat dan lain sebagainya. Ujian ini diadakan bersamaan dengan ujian Lisan (syafahi).

Pesertanya pun sama dengan jadwal peserta Ujian Lisan hanya saja diadakan pada hari yang berbeda guna memberikan waktu belajar bagi para peserta ujian. Materi yang diuji pun cukup beragam, seperti doa sehari hari, bacaan dan dzikir sesudah sholat, surat – surat pendek, kefashihan dalam membaca Al-Quran dan tentunya praktek sholat sunnah seperti Sholat Gerhana, Sholat Mayat dan lain sebagainya.

Maka dari itu, ujian ini membutuhkan ruang yang luas, Masjid dan ruang tamu menjadi Ruang Ujian khusus bagi penguji Ujian Al-Qur’an. Mereka juga diberi kesempatan untuk mengulang bagi siapa yang menurut para penguji masih belum lancar bacaan Al-Qur’an dan Doa sehari harinya demi terbentuk nya pribadi Qur’ani yang tidak setengah setengah. (Admin)

Comments