Pengarahan Ujian Tahriri : Semua Warga Pondok Diuji

0
850

Balung – Pasca berlangsungnya ujian syafahi (ujian lisan) selama kurang lebih sepekan, dilanjutkan dengan ujian Al-Qur’an, maka ujian setelahnya adalah Ujian Tahriri (ujian tulis). Sudah menjadi kewajiban bahwa setiap agenda kegiatan di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung harus dimulai dengan pengarahan-pengarahan dan nasehat-nasehat terlebih dahulu oleh Bapak Pimpinan Pondok.

Beliau menyampaikan bahwa ujian di Pondok ini adalah ujian bersama, ujiannya pondok, ujian seluruh warga pondok. Maka seluruh yang merasa menjadi bagian dari pondok wajib ikut mensukseskan ujian ini.

Mulai dari guru menjadi pembuat soal, bagaimana soal itu benar-benar telah sampai dan sesuai dengan kurikulum pondok dan sudah disampaikan dengan kepada siswa-siswi, lalu guru tiap pelajaran menjadi pengoreksi jawaban, bahwa jawaban yang masuk ke tiap guru ini tidak bisa terlacak siapa yang memiliki lembarana kertas jawaban tersebut, dengan maksud supaya tidak ada korupsi nilai dalam memberikan nilai ujian.

Panitia, sedianya siap selalu dalam hal apapun yang berkaitan dengan kegiatan ujian tahriri ini, sampai semuanya selesai menjadi raport atau laporan ujian akhir tahun.

Siswa akhir kelas enam, juga ikut menjadi bagian dari ujian pondok ini, mereka menjadi panitia, baik yang berkaitan dengan urusan pengawas ujian, bersih-bersih pondok, keamanan pondok, koperasi pondok, belajarnya santri, ta’mir masjid dan lain sebagainya semuanya yang berkaitan dengan santri (OSBA) berpindah tangan sementara  kepada siswa akhir kelas enam.

Semoga ujian ini bukan hanya sekadar ujian, namun untuk terus meningkatkan mutu dan perbaikan pondok dari pengajaran khususnya. (Admin)

Comments