Pengarahan Economic Study Tour : Tangan Di Atas Akan Selalu Mulia Dari Tangan Di Bawah

0
655

Balung – Sebelum dilaksanakannya economic study tour, sudah wajib hukumnya di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung, bahwa dalam setiap agenda kegiatan apa saja untuk dilaksanakan upacara, tujuannya mendengarkan pesan dan nasehat-nasehat Bapak Pimpinan / Pengasuh Pondok KH. Masykur Abdul Mu’id LML. Dalam hal ini beliau tidak pernah absen sejak puluhan tahun untuk memberikan nasehat-nasehat dalam setiap agenda kegiatan apapun itu.

Untuk hal ini, beliau menekankan untuk membuka telinga selebar-lebarnya, membuka mata, mencatat segala apa yang dilontarkan, karena untuk agenda seperti ini bukanlah agenda biasa saja, agenda sangat penting untuk pondok dan alumni-alumninya, agenda ini merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam memperkuat ijtihad pondok, yaitu jiwa kemandirian.

Penting, karena mereka-mereka yang sudah sangat mandiri tersebut, berada dalam posisi tangan diatas, karena mereka bisa memberikan sumber mata pencaharian bagi sesamanya. Penting untuk ditiru dan diperbanyak, jangan sampai terbalik, tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah. (Admin)

Comments