Tunjukkan Kualitas, Guru Pondok Diundang Untuk Hadiri Konferensi Internasional

0
352

Malang –  Untuk mewakili pondok dalam agenda konferensi internasional yang bertempat di Universitas Muhammadiyah Malang, Al Ustadz H.Muhammad Imaduddin beserta Al Ustadzah Queen Rahmah Rizqi Zaidah mendapat undangan untuk menjadi salah satu pemateri dan turut berpartisipasi dalam acara tersebut. Konferensi Internasional ini tidak hanya dihadiri oleh beberapa perguruan tinggi dalam negeri seperti Universitas Indonesia, dan Universitas Padjadjaran Bandung, namun juga perguruan tinggi luar negeri lain se-ASEAN seperti University Sains Malaysia, dan beberapa universitas Singapura dan Thailand.

Paper yang dipresentasikan dalam konferensi tersebut membahas tentang dampak mendengarkan melodi murottal al-quran terhadap emosi secara pengukuran fisik dan psikologi.

Dalam paparan paper yang dibawa oleh beliau dalam konferensi internasional tersebut, ditemukan bahwa di seluruh dunia sebenarnya ada sekitar 300 hingga 600 maqam atau melodi yang bisa diterapkan dalam seni membaca Al Qur’an. Ditemukan pula bahwa masing-masing maqam/melodi tersebut memiliki dampak tertentu terhadap kesehatan fisik atau jasmani maupun secara psikologis. Hal ini juga menunjukkan bahwa sebenarnya ada kaitan antara musik dengan al-quran. Hasil penelitian ini merupakan salah satu penemuan besar dalam bidang keilmuan Psikologi Musik di Indonesia, yang notabene merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar, karena sejatinya, mayoritas penelitian yang ada hanya sekedar mendiskusikan dampak musik klasik barat terhadap kesehatan. Dengan penemuan ini, diharapkan makin banyak masyarakat mengenal lebih jauh tentang manfaat dan dampak al-Quran untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan psikologisnya.

Selanjutnya, Bapak Pimpinan Pondok pun berharap untuk tidak berhenti pada satu titik saja. Artinya, penelitian dan kepenulisan di pondok agar dapat terus berjalan dan bisa memberikan sumbangsih terhadap berbagai permasalahan di pondok dan di masyarakat. (Admin)

Comments