Rapat Kamisan Perdana, Protokol Kesehatan Wajib Dipatuhi

0
62

Balung – Pondok Pesantren Baitul Arqom telah memulai tahun ajaran baru 2020/2021. Setelah Halal bi Halal yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, ada agenda Kamisan yang biasa digelar seminggu sekali. Rapat tersebut bertempat di gedung Albana lantai dua dan dihadiri oleh seluruh asatidz dan ustadzat.

KH. Masykur Abdul Muid membuka rapat dan sedikit bercerita tentang sejarah pendirian pondok pesantren. Beralih dari sejarah, pembahasan berlanjut pada kegiatan belajar mengajar (KBM) yang berlaku di SMP dan SMA Baitul Arqom. Berbeda dengan Pondok Pesantren Baitul Arqom yang tidak ada perubahan memasuki era New Normal ini, namun tetap dalam protokol kesehatan yang ketat. Wali santri pun tidak diperkenankan untuk menjenguk putra-putrinya. Segala kunjungan sangat terbatas dan disiapkan posko penitipan barang di depan gerbang. Sedangkan, di SMA dan MTs, diterapkan shift ganjil genap. Sementara itu, di SMP dan MA tidak diterapkan, karena jumlah muridnya yang sedikit.

Proses agenda kedatangan santri baru juga menjadi pembahasan dalam acara ini. Penyambutan penerimaan calon kelas 1 akan dilakukan pada tanggal 9 Juli 2020 yang kemudian langsung dilaksanakan rapid test sebagai tindakan preventif Covid-19. Kemudian dilanjutkan dengan ujian santri baru dua hari kemudian.

Kiai menerangkan bahwa kondisi di luar pondok sangat memprihatinkan. Tenaga dokter banyak yang meninggal menjadi korban Corona, namun masyarakat yang tidak paham masih saja banyak yang mengacuhkan protokol kesehatan. Oleh karena itu beliau pun menghimbau seluruh civitas akademika pondok pesantren untuk wajib mematuhi peraturan kesehatan yang sudah ditetapkan saat New Normal. (Tan/*)

Comments