Pengukuhan Pengurus Rayon : Kaderisasi Pondok Harus Terus Berjalan

0
739

Balung – Bertempat di Masjid Jami’ Pondok Putra, seluruh siswa kelas 5 Madrastul Mu’allimin Al-Islamiyyah berkumpul untuk mengemban amanah dan tugas dari pondok. Harapannya, amanah tersebut dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya, sesuai sunnah dan aturan pondok yang telah berjalan sekian puluh tahun lamanya. Tugasnya adalah menjadi pengurus di tiap-tiap rayon juga menjadi mudabbir, karena secara tingkat strata, mereka sudah berhak untuk menjadi mudabbir (red : pembimbing) bagi adik-adik di tingkat kelas bawah.

Pengurus rayon ini dipilih melalu sistematika pemilihan yang menarik. Semua siswa kelas 5 di masing-masing rayonnya berhak untuk dipilih menjadi ketua rayon. Laporan hasil suara terkecil hingga terbanyak disampaikan kepada Bapak Pengasuh, yang kemudian dimusyawarahkan untuk disetujui kepengurusannya. Hingga kemudian susunan pengurus tiap rayon terbentuk berdasarkan kesepakatan dan persetujuan berbagai pihak.

Suasana Pengarahan Pengurus Rayon di Masjid Jami’.

Susunannya terdiri dari ketua, wakil ketua, keamanan, bahasa, dan ta’lim. Seluruh kegiatan santri yang direncakana  dan diadakan akan berada dibawah naungan Organisasi Santri Baitul Arqom (OSBA). Tentunya dengan bantuan langsung oleh pengurus-pengurus rayon. Hal ini bertujuan untuk membantu mengontrol segala bentuk dinamika santri dengan sebaik-baiknya serta lebih khususnya, sistem kaderisasi di pondok supaya bisa terus berjalan, sesuai yang terpatri dalam panca jangka pondok: kaderisasi.

‘Patah tumbuh hilang berganti. Mati satu tumbuh seribu. Siap dipimpin dan siap memimpin.’

Motto ini  terus digaungkan oleh pondok. Bapak Wakil Pengasuh, Al-Ustadz H. Izzat Fahd M.Pd.I dalam pidatonya menekankan tentang upaya kaderisasi. Kaderisasi ini penting diterapkan dalam setiap momentum dan kegiatan. Penting, karena tujuan pondok adalah lembaga pendidikan ummat Islam yang tidak boleh mati, siapapun kelak pemimpinnya, pondok akan tetap berjalan di atas relnya. Terlebih pondok adalah lembaga penting untuk kaderisasi ummat. (Admin)

Comments