Pengarahan Tahun Ajaran Baru, Menguatkan Kembali Akar-Akar Kemandirian Pondok

0
569

Balung – Pasca sehari setelah seluruh santri dan santriati berduyun-duyun datang ke Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember, atas intruksi Pimpinan Pondok untuk segera mengumpulkan seluruh santri dan santriwati di gedung auditorium, guna menggelar acara untuk pengarahan tahun ajaran baru pondok.

Pengasuh dan Pimpinan Pondok, KH. Masykur Abdul Mu’id LML menekankan dalam pidatonya untuk pentingnya mengenal pondok lebih dalam, jangan hanya melihat pondok dari satu, melihatnya perlu dari berbagai sisi, supaya lebih mengenal dan lebih yakin karena di pondok ada banyak berbagai pelajaran hidup selain pelajaran formal yang diajarkan di kelas.

Pondok ini berdiri diatas kemandirian, tanpa mengharap bantuan dari siapapun, bantuan itu akan datang dengan sendirinya dengan izin Allah swt, belajar seharusnya juga mandiri, semua yang ada hanya fasilitas, jadi perlu ada kemandirian yang kuat, jadi manfaatkan fasilitas yang ada dengan benar-benar sadar diri untuk benar-benar mandiri belajar, inilah yang pondok maksud bahwa pondok hanya memberi kail bukan ikannya.

Jadi santri yang baru tamat dan akan tamat itu akan terbiasa cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar, dimana saja mereka berada, itulah kenapa santri dapat diterima dalam organisasi dengan latar belakang yang berbeda. (Admin)

Comments