Ujian Penerimaan Santri Baru, Ijtihad Pondok Untuk Mengetahui Kebutuhan Santri

0
429

Balung – Tepat pada tangga; 15 Juli 2017 M atau yang bertepatan dengan tanggal 21 Syawwal 1438 H diadakan ujian penerimaan santri baru untuk yang mendaftar di gelombang ke-1 dan ke-2. Ujian ini terdiri dari ujian lisan, yaitu ujian baca Al-Qur’an, psichotes bagi santri, selanjutnya pada tanggal 16 Juli 2017 M atau pada tanggal 22 Syawwal 1438 H, diadakan ujian lanjutan untuk santri baru, yaitu ujian tulis, yang terdiri dari ujian Imla (menulis Arab) dan ujian pelajaran-pelajaran dasar.

Suasan Ujian Lisan Penerimaan Santri Baru 2017 M

Tujuan diadakan ujian ini secara umum adalah untuk mengetahui bagaimana kebutuhan santri itu sendiri terhadap berbagai perkembangan dunia pendidikan yang nantinya akan mereka hadapi, secara tidak langsung, Pondok memahami bagaimana karakter antara satu dengan yang lainnya tentu berbeda kebutuhan masing-masing.

Suasana Ujian Lisan Penerimaan Santri Baru 2017 M

Lebih dari itu, secara khusus pondok ingin menekankan kepada santri baru (khususnya) untuk dapat cepat mengerti dan memahami bahwa dunia pesantren berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya. Pondok perlu tahu bagaimana santri mengenal pondok dari mana, pondok perlu tahu bagaimana karakter santri-santrinya, karena belajar di pondok bukan hanya belajar akan ilmu pengetahuan saja, lebih dari belajar kehidupan. (Admin)

Comments