Pengabdian: Santri Bukan Sekedar Mengabdi

0
286

Balung –  Seusai para santri menamatkan studi, ada program pengabdian selama satu tahun setelah kelulusan. Program ini bertujuan untuk mengamalkan dan mengembangkan kualitas para santri setelah menimba ilmu. Agar apa yang telah didapat, mampu menjadi manfaat bagi masyarkat. Mereka akhirnya resmi mendapat gelar ustadz/ustadzah.

Tak hanya mengabdi, mereka juga ikut serta dalam pengelolaan pondok. “Ustadzah bukan hanya mengabdi, akan tetapi juga meningkatkan kualitas, mengembangkan Ilmu serta mencari keberkahan,” tutur wakil pengasuh pondok putri, al-ustadz H. Ismat Syauqi, M.E.I dalam forum mingguannya bersama para staff dari ustadzah.

Untuk menjadi seorang berkualitas, maka ia akan bertindak, berfikir dan berkreasi sebelum adanya perintah dan tidak lagi menunggu fasilitas. Itulah yang dinamakan Musta’mal yang ditujukan oleh al-ustadz H. Ismat Syauqi, M.E.I kepada seluruh ustadzah, berarti orang tersebut telah dan akan dibutuhkan. Ketika sudah musta’mal, maka akan menjadi Muhtarom (terhormat) lalu Mu’tabar dan puncaknya adalah Mukrom, atau berarti orang yang mulia.

Comments