Menciptakan Lingkungan Belajar Mandiri

0
623

Balung – Perlu disadari serta dipahami, bahwa Ujian yang berlangsung di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung ini benar-benar berbeda, karena Bapak Pimpinan Pondok selalu berpesan bahwa seluruh elemen yang berada di Pondok ini semuanya diuji, mulai dari Bapak Pimpinan diuji bagaimana memimpin pondok, mengasuh pondok, merawat segalanya yang ada di pondok, kemudian guru-guru diuji bagaimana menjadi guru yang memiliki ruh seorang guru, benar-benar ikhlas ridho menjadi guru, warga pondok membantu kebutuhan pondok, santri dan santriwati diuji menjadi santri yang ta’at akan disiplin dan Sunnah pondok, serta tidak luput pula wali santri ikut mendukung segala program yang ada di pondok.

Juga ujian, semuanya terfokus pada ujian, diharapkan seluruhnya dapat memetik hikmah dari ujian yang berlangsung, akan menjadi lebih atau menjadi mundur ke belakang menjadi tidak lebih baik dari sebelumnya.

Olehnya, Bapak Kyai selalu memberikan nasehat untuk sedianya menciptkan lingkungan belajar yang mandiri, artinya santri-santriwati selalu terfokus pikirannya untuk belajar, serta guru-guru juga ikut membantu pondok menciptakan lingkungan belajar ini dengan cara mengelilingi pondok, mengontrol, serta menjawab apa yang tidak dimengerti oleh santri dari berbagai pelajaran.

Menciptakan lingkungan belajar yang mandiri dengan kekuatan do’a, ini sebagai penyeimbang, bahwa segala apa yang dipelajari menjadi ilmu yang berkah dan bermanfaat, olehnya semuanya wajib bisa diakhir dengan do’a dan ibadah. (Admin)

Comments