Kegiatan Pramuka Sebagai Latihan Karakter Kepemimpinan

0
283

Balung – Pondok Pesantren Baitul Arqom memiliki banyak forum bagi para santri. Forum-forum inilah yang mendorong santri untuk terus belajar sekaligus praktek tentang kepemimpnan.

Salah satu forum tersebut, tak lain adalah Pramuka. Sejak awal berdirinya Pondok Pesantren Baitul Arqom, kegiatan pramuka ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh para santri sebagai ajang pembentuk karakter pemimpin. Misalnya, dalam memimpin barisan, memimpin regu dan memimpin jalannya upacara. Lebih dari itu, tentunya kepemimpinan sangat diperlukan dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Sistem latihannya tak akan terlepas dari penggunaan Lipri. Mau makan, lipri. Mau ibadah, lipri. Bahkan ketika hendak duduk, seketika terhenti dan kembali beranjak karena lipri. Segala kegiatan di dalam pramuka diatur oleh lipri yang demikian mungilnya.

Maka tak heran jika anak pramuka dianggap sebagi anak yang sigap, tanggap dan berjiwa militer. Karena, pramuka telah ajarkan kebiasaan disiplin dengan mengangakat kalimat “The time is money” sebagai penggerak mutu dan kualitas. Apalagi dalam hal baris berbaris, dimana lipri akan berbicara kapan pun pasukan akan berkumpul, istirahat, maju dan berhenti.

Dengan demikian, Pramuka telah menjadi sebuah sorotan kegiatan Pondok yang penting sebagai wadah pelatihan untuk membentuk karakter pemimpin yang tangguh, disiplin, dan amanah.  am.

Comments