Kaderisasi Wajib Berjalan : Pondok Berangkatkan Kader Ke Al Azhar Mesir

0
430

Balung – Karena setiap guru di pondok ini adalah pejuang,” begitu ungkapan KH. Masykur Abdul Mu’id LML di hadapan seluruh guru. Pesan penting inilah yang menjadi tolak ukur bagaimana esensi keberadaan seorang guru di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung.

Untuk melanjutkan misi perjuangan, pondok melakukan program kaderisasi guru. Sebagai pelanjut estafet perjuangan pondok untuk pembinaan ummat ke depan. Kaderisasi dimaksudkan supaya lebih banyak lagi guru – guru yang berada dalam lingkungan pondok.

Adalah Wafi Maqosid, salah satu guru Pondok Pesantren Baitul Arqom asal  desa Umbulsari, Jember. Beliau mendapatkan amanah melanjutkan tugas belajar di Al Azhar University, Mesir. Ijjazah yang digunakan untuk mendaftar adalah murni ijazah mu’adalah, hal ini berarti ijazah Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung sudah sejak dahulu bisa diterima oleh perguruan tinggi di luar negeri. Pola kegiatan belajar mengajar di Pondok yang menggunakan dua bahasa juga turut menjadi alasan utama untuk santri berproses memiliki skill bahasa yang mumpuni untuk dapat melanjutkan studi di kampus luar negeri.

Pemberangkatan kader pondok ke Mesir tersebut dilaksanakan di hadapan santri dan santriwati. Bertempat di lapangan pondok, agenda pelepasan dan pemberangkatan ini diharapkan agar kelak akan terus berlanjut kader – kader muda yang dapat meneruskan program kaderisasi pondok ini. (Admin)

Comments