Wisuda Tahfidz Al-Quran, Ciptakan Insan Ahlul Qurani

0
119

Balung – Wisuda tahfidz Qur’an oleh peserta didik Pondok Pesantren Baitul Arqom Jember yang berlangsung di gedung Auditorium KH.Masykur Abdul Mu’id L.M.L. Sabtu (23/03/24) menciptakan suasana haru serta kagum. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran pimpinan Pondok, santri dan santriwati, serta segenap guru-guru pengabdian. 

Pondok Pesantren Baitul Arqom Jember memang menyediakan kamar khusus bagi anak didik yang memiliki hafalan Al-Quran dan yang ingin berusaha untuk menghalalkannya. Dengan ini bertujuan agar mereka bisa lebih fokus dalam menambah hafalannya. Mereka juga akan dibimbing oleh ustadz/ustadzah pengabdian yang sudah diberi amanah oleh pimpinan Pondok KH.Izzat Fahd M.Pd.I untuk bisa tetap mengontrol dan membantu mereka untuk hafalan dan muraja’ah. 

Wisuda tahfidz Qur’an adalah agenda yang diadakan setiap tahunnya di akhir semester. Kegiatan ini bertujuan agar dapat memotivasi santri dan santriwati lainnya supaya bisa menghafalkan Al-Qur’an minimal 1 juz. Karena dengan menghafal Al-Qur’an kita bisa menjaga, memelihara, dan melestarikan bacaan serta tulisan ayat-ayat suci Al-Qur’an. 

Sebanyak lebih dari 30 santri dan santriwati yang mengikuti. Diantara mereka ada yang menghafal juz 1, 2, 3, 28, 29, dan 30. Alhamdulillah telah terpilih 2 peserta tahfidz diantara mereka yang menjadi wisudawan dan wisudawati terbaik di tahun ini dan mereka bernama Ilyas Dzulfikri dan Nadia Cahaya Putri. 

Baca Juga :  LAB IPA: Membuat Produk Pangan Bioteknologi Konvensional, Didik Santri Jadi Ilmuwan

Semoga santri dan santriwati mau bersemangat untuk menambah hafalan al-qur’an nya, sehingga bisa menjadikannya bekal di akhirat nanti. Bukan hanya menghafal saja melainkan juga harus paham makna serta kaidah-kaidah yang terkandung di dalamnya.

عن عثمانَ بن عفانَ رضيَ اللَّه عنهُ قال : قالَ رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : « خَيركُم مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعلَّمهُ » رواه البخاري

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi).(Ail/Qr) 

PENDAFTARAN SANTRI BARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here