Ujian Pondok, Bukan Sekedar Ujian

0
208

Balung – “Ujian untuk belajar, bukan belajar untuk ujian,” demikianlah pesan yang selalu disampaikan berulang-ulang oleh Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember, KH. Masykur Abdul Mu’id, LML. Sebuah ungkapan yang cukup singkat namun mengandung banyak makna juga penerapan didalamnya guna menyelami berbagai ujian yang mau tak mau harus siap dihadapi oleh ratusan santriwati di pondok. Saat ini memang sedang berlangsung Ujian Tengah Semester bagi mereka selama dua minggu ke depan. Ujian bukan berarti hanya untuk melihat seberapa baik nilai setelah belajar, namun lebih kepada menguatkan mental mereka untuk bersikap jujur tanpa berlaku curang sedikitpun.

Ujian selanjutnya yang akan dihadapi oleh para santriwati adalah ujian kursus sore yang diselenggarakan pada bulan berikutnya (13-17 Oktober 2018). Namun pada ujian kursus sore ini hanya kelas 1 sampai kelas 4 saja yang wajib untuk turut serta.

Seluruhnya berharap semoga para santri dapat mengerjakan ujian dengan maksimal dan mendapat hasil yang memuaskan sesuai harapan. hlm

Comments