Tata Boga Ala Santriwati Baitul Arqom

0
472

Balung – Hal masak memasak yang seringkali dikaitkan oleh kaum hawa, ternyata juga menjadi aktifitas yang unik di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung. Sehubungan dengan itu, ternyata santriwati yang hidup selama 24 jam di pondok tak hanya diajarkan pendidikan dan pengajaran formal saja, akan tetapi juga diajarkan mengenai tata cara urusan di dapur. Oleh karena itu untuk mengembangkan sebagian kemampuan santriwati bagi yang berminat dalam hal ini, semua dihimbau untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler tata boga.

Hasil masakan yang telah dimasak dipamerkan dalam ajang kompetisi tata boga dalam agenda peringatan 1 Muharram, atau Tahun Baru Islam yang saat itu bertepatan pada hari Selasa. 11 September 2018. Kegiatan tersebut bertempat di gedung auditorium. Peserta terdiri dari kelas 1 sampai 6 dengan tema makanan nusantara Indonesia.

Secara antusias, selama kurang lebih 5 jam mereka tampak berusaha semaksimal mungkin memasak berbagai macam hidangan yang akan disuguhkan. Tepat pukul 10 siang acara penilaian kemudian dilakukan oleh 6 ustadzat senior selaku juri, mereka berkeliling ke meja satu dengan meja lainnya. Penilaian berlangsung dengan melihat kreatifitas penampilan makanan dan mencicipi rasa masakan tersebut. para ustadzat juga menentukan pemenang dari kelas yang masakannya terbaiklah yang berhak mendapatkan piala. hlm

Comments