Podcast bareng Ustadzah Queen, Sajikan Tips Luar Biasa untuk Bisa Kuliah di Luar Negeri

0
132
Pesantren Baitul Arqom Jember
Pesantren Baitul Arqom Jember

Jember – Pondok Pesantren Baitul Arqom Jember adakan agenda Batar Van Plazza, yaitu kegiatan yang diadakan oleh anggota pengurus Organisasi Santri Baitul Arqom (OSBA) dan Koordinator Gerakan Pramuka. Di dalam acara tersebut terdapat berbagai pameran dan bazar yang rancang oleh mereka sendiri. Bukan hanya itu saja, melainkan ada banyak lomba yang diselenggarakan. 

Hari sabtu, 24 februari 2024 adalah hari terakhir acara, dan pada saat itu mereka mengadakan acara podcast bersama dengan al-Ustadzah Queen Rahmah. Podcast ini berisikan tentang tanya jawab mengenai pengalaman serta tips dan trik untuk bisa berkuliah di luar negeri

Beliau menyampaikan bahwa status santri bukanlah penghalang untuk bisa kuliah diluar negeri, santri tidak kalah dan selalu bisa bersaing dengan pelajar dari sekolah umum lain. Banyak sekali pelajaran dan nilai-nilai yang bisa kita ambil dari pesantren dan bisa kita amalkan untuk studi di luar negeri, salah satunya adalah kemandirian dan kedisiplinan belajar. 

Berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk bisa berkuliah di luar negeri. 

Baca Juga :  Serunya PORSENI, Latih Mental Sportivitas dan Kreativitas Santri 

Yang pertama, menjalani segala sesuatu di Pondok Pesantren ini dengan ikhlas. Jika kita melakukan segala sesuatu dengan rasa keikhlasan, maka insyaallah semua proses pahit yang kita hadapi sekarang akan menjadi pelajaran yang sangat berharga dan bernilai ketika kita sudah melanglang buana di negara yang berbeda. 

Yang kedua, mencari infomarsi negara tujuan dan kampus tujuan sedetail mungkin. Jika kita hanya ingin kuliah di luar negeri tanpa berusaha untuk mencari informasi, maka bagaimana caranya kita bisa tau apa saja syarat dan ketentuan untuk bisa kuliah di sana. 

Yang ketiga, carilah beasiswa yang bisa mengcover segala kebutuhan hidup dan belajar. Banyak sekali beasiswa luar negeri yang tersedia di internet. Tinggal mau pilih dna mau coba yang mana. 

Dan yang terakhir, ridho dan do’a orang tua. Tips ini yang paling penting dan ampuh, karena ridho Allah terletak pada ridho orang tua. Jadi sebelum kita mempunyai rencana untuk kuliah di luar negeri, maka kita harus meminta ridho dan do’a kepada orang tua kita. 

Baca Juga :  Lomba Hias Kamar Santri Putri, Kreatifnya Joss!

Semoga santri dan santriwati Pondok Pesantren Baitul Arqom Jember punya cita-cita yang tinggi meraih pengalaman hidup yang bermakna demi menjadi abdi Allah terbaik dan agen muslim yang baik sebagai rahmatan lil ‘alamin. Akhirnya, Al-Ustadzah Queen berpesan untuk tidak takut mengejar cita-cita hingga untuk meraih pendidikan tinggi hingga ke luar negeri. “Salah satu yang bisa berpengaruh terhadap peradaban sebuah bangsa adalah pendidikan, maka jangan pernah takut kuliah sampai tinggi bahka hingga ke luar negeri, jadilah kita madrasatul uula terbaik,” pungkas beliau. (Ail) 

PENDAFTARAN SANTRI BARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here