Mading Bernilaikan Pendidikan Pesantren

0
717

Balung – Majalah dinding (MaDing) merupakan salah satu media informasi guna menambah wawasan, sarana hiburan, dapat menginspirasi serta memotivasi bagi para pembacanya agar lebih baik lagi kedepan. Biasanya hal ini kerap kali dijumpai di lingkungan sekolah, sebagaimana di Pondok Pesantren Baitul Arqom yang turut memperhatikan perlunya akses sumber informasi. Mading tersebut diletakkan di tiap sudut gedung. Uniknya, berbeda dengan majalah dinding pada umumya, mading yang dikerjakan para santriwati ini tak lepas dari nilai-nilai keislaman dan pendidikan pesantren.

Secara keseluruhan, pembuatan mading sudah diatur oleh staf digital dan bagian sekretaris pusat juga kesenian. Mereka memberi syarat bahwa informasi pada mading harus berbobot dan mengandung unsur pendidikan sehingga menambah wawasan para pembaca. Tema yang diangkat adalah kesehatan, pendidikan, cerita-cerita sejarah islam, komik dengan tiga bahasa, penambahan vocab dan mufrodat yang bersifat Islami, juga tema Khuluqiyah dan Ubudiyah yang cocok untuk dibaca para civitas pondok. hlm

Selain bacaan yang tertera dan didapatkan melalui internet dan buku, sumber lain yang di dapatkan berasal dari ide dan gagasan para santri melalui pengalaman yang didapatkannya. Sehingga dengan adanya mading ini dapat membawa dampak pikiran dan perubahan positif untuk masa depannya.

Comments