CATAT! “You are What You Say”

0
172
Pesantren Jember

Balung – Terkadang kita tidak sadar dengan apa yang kita ucapkan, padahal sangatlah penting dalam hal menjaga lisan. Dari perkataan yang dilontarkan pun kita bisa mendapatkan suatu perkara, karena dengan apa yang kita ucapkan itu kadang bisa membuat orang lain tersinggung jika kita tidak bisa menata suatu kalimat yang akan diucapkan.

Pesantren Jember

Dari suatu pepatah “you are what you say” ini, kita memahami bahwa kita adalah apa yang kita katakan. Kalau kita katakan bahwa kita akan sukses insyaallah kita akan sukses dan apabila berkata bahwa kita gagal maka kita akan gagal. Demikian otak akan selalu berfikir dengan apa yang kita ucapkan, jadi kita harus berkata baik karena itu bisa jadi adalah sebuah harapan dan do’a untuk diri kita sendiri.

Banyak hal bisa kita dapat dari pondok pesantren dan salah satunya adalah bagaimana cara menjaga lisan dengan baik. Seperti halnya yang sudah dijelaskan dalam salah satu hadist Rasulullah SAW berikut ini,

سلامة الإنسان في حفظ اللسان

Baca Juga :  MATONG : Majalah Tongkat

“Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan.” (HR. al-Bukhari).

Kita semua pastinya berharap untuk terus dapat memperbaiki kualitas diri dimulai dari niat baik, dan perkataan yang baik pula. Semoga Allah senantiasa menjaga kita semua dalam addinul Islam. (Ail/Qr) 

PENDAFTARAN SANTRI BARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here