CERDAS: Karya Tulis Ilmiah Berbahasa Internasional Oleh Siswa Akhir

0
118

Balung- Selama lebih dari sebulan, santri dan santriwati kelas 6 telah melaksanakan berbagai ujian kelulusan, diantaranya adalah ujian praktik mengajar/amaliyah tadris dan ujian tahriri gelombang 1, kemudian akan dilanjutkan dengan ujian paper/karya tulis ilmiah. Sebagian ujian yang lainnya akan dilanjutkan pasca perpulangan hari raya Idul Fitri. 

Pada bulan Ramadhan kali ini, kelas 6 sedang disibukkan dengan ujian akhir Karya Tulis Ilmiah atau secara umum biasa  dikenal sebagai Paper. Sebelum ujian dimulai, mereka akan mengikuti pengarahan ujian terlebih dahulu, sebagaimana sudah menjadi tradisi kita sebelum dimulainya suatu kegiatan. Pada saat pengarahan, mereka akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok akan ada pembimbing dari ustadz/ustadzah senior. Menentukan tema untuk paper juga dilakukan pada saat itu dan mereka akan diberi waktu selama dua pekan untuk  menyelesaikannya. 

Yang menakjubkan adalah, karya tulis ilmiah ini dikerjakan dengan bahasa internasional yaitu Bahasa Arab dan Inggris. Maka, tidak satupun dari mereka mengerjakan tugas paper tersebut dalam Bahasa Indonesia.

Baca Juga :  Tingkatkan Kemandirian : Belajar ke Kota Batu dan 3 Industri Bisnis di Jember

Perpustakaan saat ini sangat ramai dipenuhi oleh santri kelas 6, karena didalamnya terdapat banyak sekali kitab-kitab yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk karya tulis ilmiahnya. Kemudian ketika sudah selesai mereka akan tetap dikoreksikan kepada pembimbing nya masing-masing sebelum dikumpulkan dan dibahas pada forum di hari akhir ujian paper. Adanya hal demikian dikhawatirkan terdapat kesalahan atau kekurangan dalam tulisannya. 

Walaupun sedang berpuasa, mereka tetap semangat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dengan bersungguh-sungguh. Oleh karena itu harapannya semoga santri dan santriwati Pondok Pesantren Baitul Arqom Jember bisa lulus dengan khusnul khotimah karena keikhlasan dan ketaatan serta tanggung jawabnya selama di pesantren.(Ail/Qr) 

PENDAFTARAN SANTRI BARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here