Catat! Ini Beberapa Amalan yang dianjurkan Pada Bulan Muharram

0
147
Pesantren Jawa Timur
Pesantren Jawa Timur
Pesantren Jawa Timur
Pesantren Jawa Timur

Jawa Timur – Malam pada tanggal 18 Juli 2023 M kita memasuki tahun baru Islam, yaitu tanggal 1 Muharram 1445 H. Pada bulan ini, umat Islam dianjurkan memperbanyak ibadah dan amalan-amalan yang baik, karena pada bulan Muharram terdapat banyak keberkahan dan rahmat dari Allah swt. Diantara amalan-amalan yang baik tersebut yaitu,

  1. Puasa sunnah Asyura

Amalan ini sunnah dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram atau yang biasa disebut dengan hari Asyura. Amalan ini sunnah, tetapi jika dilakukan dengan ikhlas dan hati yang lapang, kita akan mendapat pahala yang berlipat ganda serta keberkahan dan kelimpahan rahmat dari Allah swt. 

مَنْ صَامَ يَوْمًا مِنَ الْمُحَرَّمِ فَلَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ ثَلَاثُونَ يَوْمًا. رواه الطبراني في المعجم الصغير. وفي الكبير: ثَلَاثُونَ حَسَنَةً.

Yang artinya : “Orang yang berpuasa sehari dari bulan Muharram, maka dengan puasa perharinya ia mendapatkan (pahala puasa) 30 hari’’ (HR. Ath-thabrani dalam Al mu’jamus shogir)

  1. Memperkuat hubungan silaturahmi

Kita dianjurkan oleh Allah SWT untuk memperkuat hubungan silaturahmi dengan saudara sesama muslim, terutama pada bulan Muharram,karena bulan Muharram merupakan bulan yang istimewa, juga merupakan bulan penuh berkah. 

  1. Membaca surat Al Ikhlas

Kita sebagai umat muslim dianjurkan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 1000 kali menjelang tahun baru islam. Dengan membaca surat Al-Ikhlas pada bulan Muharram, kita dapat memperoleh fadilah dan manfaatnya. Diantara fadilah dan manfaatnnya ialah terbebas dari adzab Allah.

“Barang siapa yang membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali, maka akan dia tidak akan mati sebelum melihat tempatnya di syurga.” (Al-Hadist Kanzul-Ummal)

Dan masih banyak amalan-amalan lain yang dapat kita lakukan saat bulan Muharram. Semoga pada tahun 1445 H ini kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi serta dosa-dosa kita diampuni oleh Allah swt. (Az/Ail)

Pendaftaran Santri Baru
Pendaftaran Santri Baru Pondok Pesantren Baitul Arqom

 

UMROH - BAITUL ARQOM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini