Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Pondok Sambut Dengan Pembukaan Latihan Kepramukaan Santri

0
316

Balung – Hari kamis, tanggal 3 Agustus 2017 M, Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung mengawali awal bulan kemerdekaan (red. bulan agustus) dengan upacara pembukaan kegiatan kepramukaan. Upacara berlangsung ba’da shalat dzuhur berjamaah yang dilaksanakan di lapangan hijau pondok. Diikuti oleh seluruh santri Madrasatul Mu’allimin al-Islamiyyah, dari siswa baru sampai dengan siswa akhir kelas enam MMI.

Hadir mewakili Pimpinan dan Pengasuh Pondok, Al Ustadz Drs. Mukhlis Wahidi, selaku kakak pembina upacara. Dalam sambutannya, Ustadz Mukhlis berharap agar seluruh kegiatan kepramukaan ini benar-benar dilaksanakan dengan gembira. Karena sejatinya, segala bentuk unsur kehidupan di luar pondok selalu dilingkupi keunikan dari kegiatan kepramukaan itu sendiri. Sebagai contoh adalah bagaimana bisa bertahan dan bagaimana bisa memimpin. Kepemimpinan dan pertahanan adalah contoh pelajar penting di dalam kepramukaan, selebihnya pun sangat banyak sekali.

Upacara Pembukaan Latihan Kepramukaan

Upacara berlangsung 2 jam, diawali dengan pengibaran bendera merah putih, lalu sambutan kakak pembina upacara, pembacaan dasa dharma, dan dilanjutkan dengan surat keputusan pembukaan kegiatan kepramukaan yang telah disetujui langsung oleh Bapak Pimpinan Pondok.

Pasca berlangsungnya upacara pembukaan agenda kepramukaan ini, kegiatan-kegiatan kepramukaan telah resmi dilaksanakan setiap hari Kamis. Hal ini wajib diikuti oleh seluruh santri dari kelas 1 sampai dengan kelas akhir. Dengan berbagai keunikan kegiatannya, baik berupa materi kepramukaan, permainan, ketangkasan, kekompakan dan kreatifitas, semua diberikan dengan mengikuti sunnah-sunnah pondok. (Admin)

Comments