Budayakan Santriwati Selalu Membawa Buku

0
464

Balung“Dimanapun kamu berpijak diatas muka bumi ini disitulah letak kamu bertanggung jawab atas keislamannya”.

Begitu pentingnya peranan umat dalam memaknai suatu tanggung jawab dan menjaga agama Islam yang ada di bumi pertiwi ini. Dalam kehidupan sehari-hari, ada tradisi dan budaya yang sederhana yang akan membawa pengaruh dan perubahan besar untuk masa depan. Salah satunya, yaitu sistem program kerja yang diterapkan oleh Organisasi Santriwati Baitul Arqom (OSBA). Program kerja itu adalah berupa membudayakan para santriwatinya untuk selalu membawa buku dimanapun tanpa mengenal tempat dan waktu meski hanya ke kamar mandi, terkecuali pada saat sholat.

Tujuannya adalah agar dimana pun ia berada ada kesempatan untuk memudahkan dalam menghafalkan atau membaca pelajaran sekolah. Juga agar mereka memiliki wawasan serta ide-ide baru. Bedanya, biasanya penerapan membawa buku ini berlangsung saat akan  mendekati ujian pondok.

Mereka terkadang pada awalnya terasa enggan dan berat dalam melaksanakannya, sehingga mulai sekarang santriwati dilatih dan dididik kembali untuk hal serupa. Dengan  seiring berjalannya waktu adanya penegasan dan perubahan sistem yang ada termasuk memberikan hukuman bagi yang melanggarnya. Dari sini, mereka dituntut agar dapat membentuk sebuah rasa tanggung jawab dan kesadaran diri masing-masing  santriwati agar dapat melakukan kewajiban sebagaimana mestinya. hlm

Comments