Belajar dengan Cara Kita Masing-masing dan Menetapkan Tujuan Belajar

0
724
Pondok jember, pesantren jember, santri jember
Pondok jember, pesantren jember, santri jember

Balung – Belajar adalah suatu kegiatan wajib bagi seluruh manusia terutama bagi sang pelajar. Sama halnya di dalam pondok pesantren belajar itu sudah menjadi makanan keseharian para santri. Kemanapun mereka pergi, mereka wajib membawa buku untuk belajar.

Banyak ide kreatif dari santri demi menciptakan suasana belajar yang nyaman dan efektif. Sangat menarik dan mungkin tak banyak orang bisa menirunya, contohnya saja ada yang belajar dengan cara ditulis ulang apa yang akan di hafalkan, mewarnai seluruh tulisan yang ada di buku dengan tujuan agar mudah dipahami, hafalan dengan cara mendengarkan temannya menghafalkan, dan masih banyak lagi cara unik yang mereka lakukan. 

Bukan hanya cara belajar saja melainkan model belajar mereka pun berbeda, ada yang belajar dengan sendirian dan tidak dapat diganggu karena akan mengganggu kefokusan seseorang yang lain. Berbeda jika model belajar santri yang tidak bisa sendiri yakni yang dengan bersama-sama atau berkelompok. Dengan begitu mereka akan bekerja sama untuk saling memahami apa yang masih belum jelas disampaikan ketika jam pelajaran sekolah pagi. 

Baca Juga :  Upacara Peringatan Detik - Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Pada dasarnya, di Pondok, santri bukan hanya belajar ilmu pengetahuan umum saja melainkan kita harus bisa mendalami ilmu agama, serta kuliah umum kepondokan, karena Pondok menyiapkan generasi akan segala hal yang berkaitan dengan kemasyarakatan ketika mereka sudah menjadi alumni. Santri tak hanya belajar tentang ilmu pengetahuan saja tetapi tentang kedisiplinan, kebijakan, tantangan, dan kehidupan apapun yang tanpa disadarinya akan menjadi manfaat ketika mereka sudah dewasa. (Ail/Qr) 

PENDAFTARAN SANTRI BARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here