Eco Enzyme: Kaya Manfaat Bagi Alam Dan Manusia

    0
    66

    Balung – Pada hari Jum’at, 31 Mei 2024, ustadzah pengampu bidang studi Biologi di Pondok Pesantren Baitul Arqom Jember yaitu ustadzah Ivana Binti Rosana, S.Si mengadakan agenda praktikum biologi bagi santriwati kelas 4B dengan tema “Pembuatan Eco Enzyme“. Mengapa harus kelas 4B?, dan mengapa harus materi eco enzyme?. Hal ini dikarenakan materi yang sedang dipelajari oleh kelas 4 adalah materi yang membahas perubahan dan pencemaran lingkungan serta upaya untuk mencegahnya. 

    Sebagian besar sampah yang terbuang di tempat pembuangan sampah (TPA) adalah sampah organik. Adanya sampah organik ini menimbulkan bau yang tidak sedap, bahkan bisa menimbulkan ledakan di TPA. Hal ini dikarenakan adanya pembusukan sampah organik yang dapat menghasilkan gas metana. Gas metana merupakan salah satu gas rumah kaca yang bisa menyebabkan pemanasan global. 

    Salah satu upaya untuk mengurangi pencemaran lingkungan adalah dengan cara mendaur ulang limbah (recycle). Dengan menjadikannya sebagai Eco Enzyme maka kita sudah mengolah sebagian sampah kita dan mengurangi beban TPA. Eco Enzyme adalah suatu cara alternatif alami dari bahan kimia sintetis berbahaya di rumah yang berupa cairan alami serbaguna dari hasil fermentasi gula, sisa sayur/buah, dan air. 

    Baca Juga :  Kullukum Roo'in, Agenda Pemilihan Ketua OSBA dan Koordinator Baru

    Adanya praktikum biologi ini bertujuan supaya santriwati kelas 4B dapat mengetahui cara pembuatan Eco Enzyme dan manfaatnya. Yang demikian itu diharapkan kepada santriwati dapat menyadari bahwa kita harus melestarikan lingkungan dengan mengolah limbah organik berupa sisa sayur dan kulit buah menjadi bahan yang kaya akan manfaat bagi alam dan manusia.(Ail/Qr) 

    PENDAFTARAN SANTRI BARU

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here