Berdirinya Pondok Pesantren Baitul Arqom

SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH/PONDOK

PONDOK PESANTREN BAITUL ARQOM BALUNG JEMBER

Pondok Pesantren Baitul Arqom JemberTiga orang pendiri, K.H. Abdul Mu’id Sulaiman, Kyai Djawahir Abdul Mu’in, dan Kyai Machin Ilyas Hamim sebagai alumni Pondok Modern Gontor Ponorogo, merasa terpanggil untuk mengamaljariyahkan sebagian harta yang dipunyai, terutama ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan di pondok tersebut kepada umat Islam melalui jalur pendidikan.

            Minimnya lembaga pendidikan Islam saat itu telah membuat masyarakat Balung dan sekitarnya memasukkan putera dan puterinya ke sekolah Kristen yang telah dikenal masyarakat. Saat-saat seperti itulah yang menggugah semangat mereka untuk segera mendirikan lembaga pendidikan Islam yang bisa menampung semua golongan dalam masyarakat.

            Maka pada tahun 1959 didirikan sekolah lanjutan pertama dengan nama Madrasah Tsanawiyah Al Ula, yang dimulai oleh dua alumni Pondok Modern Gontor, K.H. Abdul Mu’id Sulaiman dan Kyai Djawahir Abdul Mu’in, sebagai realisasi dari cita-cita yang terkandung dalam hatinya sejak beliau-beliau belajar di Pondok Modern Gontor.

            Sedang orang ketiga adalah Kyai Machin Ilyas Hamim, beliau tidak ikut memulai mendirikan sekolah ini karena masih dalam masa belajarnya di Universitas Al Azhar Cairo Mesir.

            Pada tahun 1967 sebagai lanjutan dari Sekolah Tsanawiyah, dibuka tingkat lanjutan dengan nama Madrasah Mu’allimin yang akhirnya berubah menjadi Madrasah Aliyah, kemudian tahun 1971 didirikan SMP, sedang SMU didirikan pada tahun 1979.

            Dari keempat lembaga pendidikan yang suchdah berdiri itu akhirnya pada tahun 1975 dihimpun menjadi satu dalam suatu Lembaga Pondok Pesantren Baitul Arqom, dengan akte notaris NO. 10 dan terdaftar di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jember, pada hari Jum’at 15 Agustus 1975.

            Setelah kondisi memungkinkan serta sesuai dengan Cita-Cita Para Pendiri untuk mendirikan sebuah lembaga pondok pesantren yang mengacu pada Pondok Modern Gontor secara murni, maka pada tahun 1986 didirikan pondok pesantren putera dengan sekolah formalnya di Madrasatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (MMI). Sebagai sekolah formal puteri, maka didirikan pula pada tahun 1989 Madrasatu-l-Mu’allimat Al-Islamiyah (MMaI).

            Dengan adanya penambahan lembaga-lembaga di atas, maka yayasan memperbaharui akte notarisnya pada bulan April 1992 dengan NO. 16, terdaftar di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jember No. 31/4/1992.